KEUNTUNGAN BERINVESTASI RUKO

Beberapa diantaranya :
1 Harga yang selalu meningkat Cepat.
2 Lokasi dengan trafik pengunjung ramai
3 Harga Sewa Yang Tinggi
4 Dapat digunakan sebagai usaha.
5 Dapat digunakan sebagai tempat tinggal.

Seperti yang kita ketahui Ruko atau rumah toko adalah salah satu jenis properti yang paling populer di Indonesia, karena selain berfungsi sebagai rumah, properti ini dapat dijadikan untuk tempat membuka usaha. Banyak orang yang menjadikan ruko sebagai tempat usaha rumahan dan kantor. hal lainnya sbb :

Pertama, permintaan terhadap suplai ruko dan rukan tergolong tinggi, terutama di kawasan bisnis, perdagangan, dan entertainment. Di kawasan-kawasan seperti ini, ruko dan rukan bisa menjadi pendukung ekonomi atau bahkan dapat menjadi motor utama penggerak roda ekonomi di daerah tersebut.

Kedua, jangka waktu penyewaan menengah, yakni antara 2-3 tahun, lebih panjang dari jangka waktu rumah sewa. Pasalnya, penyewa ruko atau rukan harus memperhitungkan keuntungan yang didapatnya dengan menyewa di lokasi tersebut.

Adakalanya, si penyewa ruko baru mendapat titik impas (break even point) di tahun kedua. Dengan menyewa ruko tersebut tiga tahun, maka di tahun ke tiga, dia akan menikmati laba dari bisnisnya di ruko tersebut.

Ketiga, capital rate ruko atau rukan berkisar 6% – 9 %. Tingkat pengembalian investasi ruko dan rukan lebih besar dibanding rumah sewa. Hal ini disebabkan luas bangunan ruko atau rukan yang lebih besar dibanding luas tanahnya. Selain itu, umumnya ruko dan rukan berada di daerah yang ramai dan prospektif secara ekonomis, seperti di pinggir jalan raya atau di dekat pasar, mal, pusat belanja, dan daerah pusat hiburan.  

Market/Pasar yang luas

Dengan berinvestasi ruko(jika tidak disewakan),kita bisa menjangkau lebih banyak pasar atau calon konsumen, baik untuk transaksi pembeli maupun penyewaan. Banyak sektor usaha yang bisa dilakukan oleh ruko, misalnya penjualan barang, pelayanan jasa, tempat kursus, salon, klinik kesehatan, rumah makan, dan lain lainnya.

Dalam segi Tata ruang

Tersedianya ruang yang multifungsi

Kelebihan dari ruko yang tidak dimiliki oleh jenis properti lainnya ialah tersedianya beberapa ruangan yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan. Misalnya ruang khusus keluarga, ruang karyawan serta ruang tamu. Dengan pengaturan ruangan, Anda dapat menciptakan suasana kekeluargaan sehingga karyawan semakin solid dan memiliki etos kerja tinggi

Tips Bagaimana Cara Memilih Ruko untuk Investasi?

Jika berniat berinvestasi ruko, tentu kita perlu memperhatikan beberapa hal berikut :

  1. Lokasi Ruko: lokasi ruko akan sangat mempengaruhi harga sewa. Carilah ruko yang terletak di daerah pusat keramaian atau daerah dengan kondisi ekonomi yang hidup.
  2. Harga Sewa Ruko Sebelum berinvestasi ruko riset terlebih dahulu berapa harga sewa ruko rata2 di kawasan ruko yang akan kita beli

Dan hal yang sangat penting lainnya yaitu aspek legal status

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *